Halau arus balik, Polda Jabar sekat arus lalu lintas ke Jakarta

Untuk mencegah pemudik kembali usai Idul Fitri atau Lebaran 2020, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat memblokir arus lalu lintas menuju Jakarta.

Kapolda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga mengatakan, teknik isolasi yang digunakan menjelang Lebaran masih digunakan. Namun, pemeriksaan kini terbatas pada kendaraan yang melintas ke arah barat atau menuju Jakarta.

Ada enam kantor polisi dan delapan pos pemblokiran dan pemeriksaan yang berdekatan dengan provinsi Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Banten, kata Erlangga, Senin di Bandung.

Selain itu, kata dia, 212 pos pemeriksaan akan diberlakukan di masing-masing kota untuk mengurangi lalu lintas mudik, baik dari dan ke Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

Nantinya, kata dia, petugas di pos penjagaan akan memverifikasi kepatuhan pengendara terhadap larangan sosial skala besar (PSBB), termasuk apakah memiliki izin keluar masuk (SIKM) yang dikeluarkan Provinsi DKI Jakarta.

“Kalau nanti ternyata tidak ada, kita kembalikan ke sumbernya,” jelasnya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat yang akan beralih antar kebijakan pemerintah, salah satunya persyaratan SIKM.

Alhasil, mereka yang kembali ke Jakarta disarankan untuk mengurus SIKM-nya terlebih dahulu agar perjalanannya lancar dan nyaman, ”ujarnya.

Tags