Cara Hapus Aplikasi Default HP Android, Mudah dan Gak Ribet

Seperti diketahui setiap HP Android saat ini memiliki aplikasi bawaan atau aplikasi default yang sudah tersedia meski ponsel baru pertama kali dipakai. Aplikasi default adalah aplikasi pra-instal pada ponsel cerdas Anda yang mungkin diinginkan atau tidak diinginkan.

Seringkali aplikasi ini digunakan oleh produsen untuk mendorong layanan mereka sendiri ataupun bekerjasama dengan pemilik aplikasi tertentu.

Cara Hapus Aplikasi Default HP Android, Mudah dan Gak Ribet
Cara Hapus Aplikasi Default HP Android, Mudah dan Gak Ribet

Meskipun sebagian besar bloatware tidak berbahaya, namun aplikasi bawaan ini menghabiskan ruang disk dan sumber daya sistem yang dapat digunakan oleh aplikasi yang benar-benar diinginkan pengguna.

Kami menganjurkan untuk mencopot pemasangan aplikasi default yang tidak digunakan untuk alasan keamanan dan privasi. Cara Anda melakukannya akan bervariasi sesuai dengan ponsel yang Anda gunakan.

Menurut Wired, berikut cara uninstall aplikasi bawaan Android.

Aplikasi default menjadi masalah yang umum di ponsel Android karena semakin banyak produsen merilis smartphone Android.

Dalam keadaan tertentu, Anda mungkin menemukan selusin atau lebih aplikasi yang tidak Anda perlukan atau inginkan.

Untuk menghapus aplikasi dari perangkat Android Anda, navigasikan ke Pengaturan dan pilih Aplikasi dan pemberitahuan, lalu lihat semua aplikasi.

Jika Anda yakin dapat menyelesaikan tugas sesuatu, pilih aplikasi, lalu pilih Copot pemasangan untuk menghapusnya.

Dalam beberapa keadaan, Anda tidak akan dapat menghapus aplikasi sepenuhnya karena integrasi pabrikan ke dalam versi Android-nya sendiri.

Jika ini masalahnya, cari opsi Nonaktifkan daripada Copot pemasangan—ini akan melarang aplikasi beroperasi, menghabiskan sumber daya sistem penting, dan menghalangi Anda.

Prosedurnya dapat sangat bervariasi berdasarkan pabrikan dan jenis ponsel Anda, serta versi Android yang beroperasi di dalamnya.

Namun, jika Anda menavigasi ke aplikasi Pengaturan utama, Anda seharusnya dapat dengan mudah menghilangkan atau menonaktifkan aplikasi untuk membuat ponsel Anda “lebih ringan.”

Seperti yang diketahui, produsen ponsel Android tertentu akan menginstal aplikasi yang tidak dapat di-uninstall melalui prosedur standar.