oleh

Cara Mendapatkan Traffic Blog yang Tinggi Agar Blog Cepat Berkembang

-INOVASI-44 views

Cara Mendapatkan Traffic Blog yang Tinggi Agar Blog Cepat Berkembang

JAKARTA – Apakah kamu salah satu blogger pemula dan bingung untuk membangun engagement kuat dengan pembaca? Tak dimungkiri, engagement yang kurang kuat merupakan salah satu penyebab blog lambat berkembang dan punya traffic yang kurang baik.

Selain membangun hubungan dengan audiens yang kamu miliki, ini dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke blog milikmu, dikutip dari Co Schedule.

1. Kenali audiens

Kamu harus mengenal siapa orang yang membaca tulisanmu. Caranya bisa dengan mengamati tulisan yang pernah kamu unggah sebelumnya dan mendapatkan performa yang baik. Kemudian analisis, apa sih tema yang kamu tulis itu? Kira-kira siapa sih orang yang akan tertarik dengan bacaan seperti itu?

Biasanya juga, ketika membuat blog kamu sudah menentukan tema dari blog milik kamu sendiri. Ini juga bisa membantu untuk mapping atau memetakan audiens yang pas guna menyusun rencana pendekatan tulisan yang pas.

2. Keyword Research

Search Engine Optimization (SEO) adalah cara mendapatkan posisi di page Google terdepan. Kamu bisa mencari keyword yang muncul pada laman pencarian di Google ketika mengetik tema yang ingin kamu bicarakan dan memasukkannya dalam kalimat pengantar untuk memperkuat.

Oh iya, memanfaatkan Google Trends untuk mencari topik yang sedang booming juga bisa jadi taktik yang sempurna.

3. Tentukan tulisan yang sesuai tema blog

Mungkin kamu berpikir ini bisa memperluas segmen pembaca, namun ketika kamu hanya sendirian yang mengelola blog tersebut dan hanya ada sedikit artikel untuk dipublikasikan tentunya akan sedikit membingungkan menulis berbagai macam tema tulisan. Hari ini menulis tentang kuliner, besok soal otomotif, besok lagi politik… percaya deh, membangun engagement dengan pembaca sesuai target audiens lebih penting untuk memperkuat fans setia blog.

4. Judulnya jangan lupa diperhatikan

Menggunakan judul yang memperkuat SEO dibutuhkan untuk menarik tulisan blog di halaman-halaman awal Google Search. Tuliskan kata kunci penting pada awal judul. Contohnya:

“Gerhana 21 Juni Mendatang Adalah Cincin Api Solstis, Apa Itu?”

Banyak orang tertarik untuk mengetahui fenomena yang jarang terjadi seperti Gerhana. Memposisikan kata ‘Gerhana 21 Juni’ adalah kata kunci yang kemungkinan akan banyak dicari orang.

5. Cari yang menarik, tapi…

Tulisan yang bombastis memang diakui banyak dicari, namun riset selain bisa menjamin kamu memberikan informasi yang sesuai fakta kepada pembaca, juga bisa memperkuat tulisan yang sedang kamu kerjakan. Sampaikan fakta dan opini berdasarkan sumber terpercaya dan dari berbagai sudut pandang.

Komentar