Apakah ada kaitan antara gempa bumi yang sering terjadi di Jawa minggu ini?

Banyak gempa telah terjadi minggu ini, dengan episentrum di darat dan di laut sekitar Pulau Jawa. Di berbagai daerah, getaran dengan skala yang berbeda-beda dirasakan.

Sukabumi, misalnya, pada Selasa (10/3/2020) diguncang gempa tektonik berkekuatan (M) 5,1.

Pada Rabu (11/3/2020), gempa bumi M 3,7 mengguncang Purwakarta dan Cianjur.

Pada Kamis (12/3/2020), lindu M 5.0 lainnya melanda Jawa Selatan yang menyebabkan kerusakan ringan di beberapa wilayah di Jawa Timur dan Yogyakarta.

Widjo Kongko, pakar tsunami, menyatakan meningkatnya rasa rindu kampung halaman belakangan ini mengindikasikan adanya aktivitas teknis.

Meskipun ilmu pastinya tidak diketahui, beberapa gempa besar didahului oleh gempa bumi awal atau preshock, katanya.

Alhasil, kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap ancaman gempa besar atau megathrust harus ditingkatkan, khususnya di sepanjang pesisir selatan Pulau Jawa, ”kata Widjo kepada Kompas.com, Jumat (13/3/2020).

Wilayah utama yang membutuhkan persiapan dan kewaspadaan adalah kota pesisir dengan tingkat penghunian tinggi, destinasi wisata pesisir, aset infrastruktur seperti pelabuhan atau bandara, dan industri seperti pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Dari segi interkoneksi yang terjadi, Widjo menyatakan letak sumber dan mekanisme lindu itu berbeda.

“Kami belum memiliki dasar ilmiah untuk menentukan apakah rumah itu ada kaitannya atau tidak. Namun, itu mungkin, kami hanya belum memahami mekanismenya, '' tandasnya.

Tags