Dua Penyerang Pos Koramil Kisor yang Sebabkan 4 Prajurit Gugur Ditangkap

Dua terduga pelaku penyerangan Posramil Kisor Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat ditangkap. Kedua foto tersangka yang ditangkap tersebar di media sosial.

Dalam foto tersebut, keduanya mengenakan kaus dan celana pendek. Tangan mereka tampak terikat di belakang punggung.

Dua Penyerang Pos Koramil Kisor yang Sebabkan 4 Prajurit Gugur Ditangkap
Dua Penyerang Pos Koramil Kisor yang Sebabkan 4 Prajurit Gugur Ditangkap

Kolonel Art Hendra Pasilerron, Kepala Bagian Penerangan Kodam (Kapendam) XVIII/Kasuari membenarkan kabar tersebut.

“Benar. (inisial) MM dan SY,” terang Kolonel Hendra.

Keduanya ditangkap di kawasan Maybrat pada Kamis (2/9) sore oleh Yonif Yonif 762/VYS dan anggota Kodim 1809/Maybrat. Keduanya diduga anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Manfet Patem.

Keduanya telah diserahkan ke polisi untuk penyelidikan lebih lanjut atas serangan di Pos Koramil Persiapan Kisor Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, yang mengakibatkan tewasnya empat prajurit..

“Sudah diserahkan dan diperiksa di Polsek Sorong Selatan,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Panglima Kodam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa menyatakan, Posko Persiapan Kisor Kabupaten Aifat Selatan diduga diserang kelompok teroris separatis (KST).

“Selama ini komunikasi antara anggota TNI di Posramil Kisor dengan masyarakat sekitar di kawasan Aifat Selatan sudah cukup baik, dan belum ada indikasi gangguan wilayah, sehingga kami menduga penyerangan Posramil dilakukan oleh KST,” ujarnya saat jumpa pers di markas Kodam XVIII/Kasuari di Manokwari, Papua Barat.

Peristiwa itu terjadi sekira pukul 04.00 WIB, Kamis (2/9). Menurut lima orang yang selamat, serangan itu melibatkan lebih dari 30 orang.

“Pada pagi hari, lebih dari 30 orang diserang dengan senjata tajam (parang), menewaskan empat personel TNI dan melukai dua lainnya,” katanya.

Serangan itu merenggut nyawa empat prajurit TNI. Mereka diserang saat tidur.

Serda Amrosius, Praka Dirham, dan Prajurit Zul Ansari ditemukan tewas di dalam Posramil. Sementara itu, seorang prajurit lainnya, Letnan Satu Chb Dirman, Komandan Posramil Kisor, ditemukan tewas di semak-semak tidak jauh dari pos.