Fenomena unik kawanan burung mengitari kabah, seolah-olah tawaf

Peristiwa aneh dan cukup mengejutkan terjadi di langit di atas Mekah, Kota Suci Arab Saudi. Sekawanan burung putih mengelilingi Ka'bah.

Sekawanan burung putih muncul dalam kegelapan pada Kamis malam, 12 Maret 2020, waktu setempat. Tidak ada yang tahu dari mana asalnya. Lagi-lagi, tak disangka, sekawanan burung putih itu mengitari Ka'bah secara rutin.

Menurut VIVA.co.id, Emanchanneltv menayangkan video rekaman kejadian yang sangat aneh ini pada Jumat 13 Maret 2020. Video berdurasi kurang dari satu menit itu memperlihatkan sekelompok burung putih terbang beberapa kali di sekitar Ka'bah. "Subhanallah, lihat ini," tulis Emanchanneltv.

Yang menambah keanehan, burung putih itu mengitari Ka'bah searah dengan jemaah tawaf di kawasan Mataf. Seolah-olah mereka juga sedang melakukan tawaf.

Kemunculan kawanan burung putih ini cukup menggemparkan, karena hal ini tidak pernah terjadi pada periode penutupan Ka'bah.

Memang ada banyak burung di sekitar Masjidil Haram. Namun, burung yang ada pada dasarnya adalah burung merpati.

Jika dilihat di video, sekawanan burung yang terbang di sekitar Ka'bah pada malam hari tidak tampak seperti burung merpati. Burung merpati di Masjidil Haram adalah kombinasi warna abu-abu dan hitam.

Selain itu, burung merpati di Masjidil Haram tidak pernah terbang jauh di malam hari, apalagi dalam kawanan besar seperti burung putih.

Seperti yang kita ketahui bersama, Masjidil Haram telah ditutup sepenuhnya untuk jemaah umrah dalam beberapa tahun terakhir. Memang, karena kebijakan pemerintah Arab menutup Kota Suci Mekkah, Ka'bah yang menjadi penentu arah kiblat bagi umat Islam dunia, untuk pertama kalinya kosong.

Pemerintah Arab menutup Masjidil Haram dan beberapa lokasi lain di Mekkah untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau COVID-19. Tidak hanya Masjidil Haram saja yang ditutup, tapi juga kawasan Masjid Nabawi di Kota Suci Madinah.

Saat umrah tengah dilarang dilakukan di Makkah, sekelompok burung putih tawaf di atas kakbah mengisi kekosongan Kakbah