oleh

Gelapkan dan Tipu Penggarap, Pelaku Ranmor Diamankan Polsek Cibarusah

WARTAKAMI.com – Hanya ingin memiliki dan menjual sepeda motor milik penggarap tanah, pelaku pencuri sepeda motor Usup Bin Oma (50) yang kesehariannya bekerja sebagai buruh kasar warga Kampung Gandaria RT. 01/RW. 04 Desa Cibarusah Jaya, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi harus berurusan dengan Polsek Cibarusah, pelaku diamankan oleh korban setelah membawa kabur dan menjual sepeda motor hasil kejahatannya ke wilayah Kabupaten Karawang.

Aksi pelaku yang berujung di dalam sel Mapolsek Cibarusah ini berawal saat pelaku bertemu dengan korban yang sedang menggarap kebun milik majikannya di daerah Cigelam, Desa Mukti Jaya, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi dengan berpura-pura hendak menbeli membeli sebidang tanah di tempat tersebut.

Korban Mintra (62) yang tidak curiga langsung menghampiri pelaku dan menayakan keseriusan pelaku dengan rencana membeli lahan yang sedang digarapnya dengan melakukan janji serta mendatangi lokasi tanah yang di garap korban.

Saat berada di lokasi, pelaku yang mengaku juga memliki lahan di dekat lahan garap milik korban dan meminjam sepeda motor milik korban dengan dalih akan ke rumah Ketua RT setempat, korban yang tidak menaruh curiga kepada pelaku langsung memberikan sepeda motornya.

Setelah ditunggu beberapa jam di lokasi, pelaku tidak juga datang, korban akhirnya curiga dan telah menjadi korban penipuan oleh pelaku, sampai akhirnya korban menemukan pelaku di depan Pasar Gandoang, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Oleh korban pelaku langsung diamankan di Kantor Desa Gandoang untuk kemudian langsung diserahkan ke Polsek Cibarusah. Di hadapan petugas pelaku mengaku sepeda motor korban dijual kepada Dono (pencarian) di daerah Kampung Pelawan, Desa Waringin Karya, Kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Karawang dengan harga Rp1.000.000.- (Satu juta rupiah).

Dari keterangan pelaku, petugas langsung mencari sepeda motor milik korban yang di-akui pelaku berada di Jalan Kampung Pelawan, Desa Waringin Karya, Kabupaten Karawang. Saat berada di lokasi yang ditunjuk oleh pelaku, sepeda motor milik korban berada di lokasi, sedangkan penadah Dono sudah melarikan diri. Oleh petugas kemudian sepeda motor tersebut langsung disita dan diamankan untuk selanjutkan di bawa ke Mapolsek Cibarusah untuk dijadikan barang bukti.

“Pelaku diamankan korban dan diserahkan ke Mapolsek Cibarusah, dari informasi pelaku kita amankan satu unit sepeda motor yang sempat di jual pelaku dan beberapa barang bukti lainnya,” ungkap Kaposlek Cibarusah AKP Sukarman.

Akibat perbuatannya, pelaku dapat dijerat dengan tindak pidana penipuan dan penggelapan dengan Pasal 378 dan 372 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara

Penulis : Saeful

Komentar

Berita Terkait