oleh

Giat Babinsa Pendampingan Ketahanan Pangan di Wilayah Koramil 08/LA

BEKASI – Dalam upaya menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan hasil pertanian di tengah pandemi COVID-19, Babinsa Koramil 08/LA (Lemahabang) Peltu Suwanda dan Serka Ambar, mendampingi petani paska panen.

Kegiatan pendampingan kepada masyarakat dalam rangka membantu dan memotivasi petani di tengah pandemi COVID-19 salah satunya dilakukan di Desa Tanjungbaru Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi Jawa Barat.

Di samping itu, kehadiran Babinsa di tengah-tengah petani tersebut bertujuan untuk mendukung program swasembada pangan yang telah di canangkan oleh pemerintah.

Bersama pemilik lahan, Peltu Suwanda dan Serka Ambar langsung turun ke tengah sawah untuk melihat kondisi sawah, untuk proses kembalinya penanaman bibit padi.

“Saat ini sudah musim turun ke sawah, para petani sudah mulai mengolah lahan mereka dan sebagai Babinsa saya ikut mendampingi agar mereka termotivasi,” ujar Peltu Suwanda.

Sementara itu, Endoh dan Ibut merupakan salah seorang petani mengaku tidak asing lagi dengan kehadiran Babinsa yang selalu mendampingi para petani di desa tersebut.

“Babinsa sudah sering datang ke sawah membantu saya, kita sudah saling mengenal sejak dulu, kami sebagai petani berharap agar para babinsa terus bersama-sama mendampingi masyarakat untuk memotifasi para petani lainnya,” ucap Endoh.

“Dengan kehadiran dan pendampingan para Babinsa selama ini, maka hasil panen kami para petani bisa lebih maksimal, dan keuntunganpun alhamdulilah bisa meningkat, semoga kedepannya bisa bertahan, sehingga kami bisa tercukupi,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, Komandan Koramil 08/Lemahabang Kapten Inf Aswan Siregar menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan Babinsa tersebut adalah perintah langsung dari komando atas, sebab selain memonitor wilayah binaanya Babinsa juga melaksanakan tugas pendampingan terhadap petani.

“Kegiatan ini bertujuan agar para petani dapat termotivasi dan bersemangat dalam bekerja. Selain itu apabila petani giat untuk bekerja maka Ketahanan pangan juga akan meningkat dan kesejahteraan masyarakat juga akan membaik,”pungkasnya.

Penulis : Saeful Bahri

Komentar

Berita Terkait