oleh

Gubernur Jawa Barat: SPP Bulanan Mulai Semester Ini Gratis Untuk SMA Dan SMK

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat memastikan program iuran bulanan peserta didik (IBPD) gratis bagi siswa SMA, SMK, dan SLB serta anak kurang mampu di sekolah swasta digratiskan tahun ini 2020/2021.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, anggaran untuk program itu tak terganggu meskipun ada pergeseran APBD untuk penanganan Covid-19. Alokasi dana untuk program itu mencapai Rp 1,42 triliun.

“Berita baik, sesuai urutan jadwalnya, SMA/SMK negeri itu gratis dari Pemprov Jabar dan kepada warga tak mampu di swasta kita juga ada biaya dari pemprov untuk menggratiskan pembelajaran di sekolah swasta. Itu betul dan terjadi di semester ini. Rencana itu tetap ada dan jangan dihubungkan ke Covid sebenarnya,” ucap Ridwan Kamil, saat ditemui di Gedung Pakuan, Jumat (12/6/2020).

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya menuturkan, program ini akan digulirkan mulai tahun ajaran 2020/2021 untuk semua siswa di 831 sekolah negeri.

Baca Berita Jawa Barat Terkini

Untuk sekolah negeri tingkat SMA, IBPD per siswa yang ditanggung berkisar Rp 145.000-Rp 165.000 per siswa per bulan.

“Sementara untuk SMK negeri, biayanya Rp 150.000 sampai Rp 170.000. Tapi itu tergantung jumlaj rombongan belajar (rombel). Jadi kalau rombelnya kecil, dapatnya besar. Kalau rombelnya besar, dapatnya kecil,” kata Wahyu.

Selain itu, Pemprov Jabar juga menggagas Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU) bagi siswa yang bersekolah di swasta. Nilainya Rp 550.000 per orang per tahun, ini sudah disalurkan untuk 5.111 sekolah swasta dan madrasah aliyah.

“Jadi bantuan untuk siswa di sekolah swasta juga ada, tapi nilanya tak sebesar yang di sekolah negeri. Programnya kita mulai bulan Juli,” jelasnya.

Komentar

Berita Terkait