oleh

Harga Daging Ayam di Kota Cirebon Melonjak Tinggi

JAWA BARAT, CIREBON.- Harga daging ayam di Kota Cirebon melonjak dalam beberapa hari terakhir.

Saat ini, harga daging ayam di pasar tradisional sekitar Rp38.000/kg. Harga daging ayam sebelumnya berkisar Rp31.000 sampai Rp33.000 per kilogram.

Kenaikan dipicu ketersediaan di tingkat peternak yang turun. Kondisi itu memengaruhi harga berat hidup ayam dari Rp18.000 menjadi Rp24.500 per ekor.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kota Cirebon, Maharani Dewi menyebutkan, sepanjang Januari hingga Mei 2020 harga daging ayam mengalami penurunan karena harga di peternak dan harga berat hidup turun.

Penurunan terendah hingga Rp27.000/kg,” katanya, Selasa (23/6/2020).

Baca Juga: Puskesmas Leuwigoong Garut di Geruduk Warga

Dia mengatakan, stok Day Old Chuck (DOC) atau anak ayam berusia satu hari di tingkat peternak menurun. Di sisi lain, permintaan justru tak naik hingga berpengaruh pada berkurangnya jumlah produksi.

Pihaknya memperkirakan, stok DOC akan melimpah pada akhir Juni nanti. Hal ini diperhitungkan akan membuat harga daging ayam kembali stabil.

Karena itu, imbuhnya, operasi pasar belum akan dilakukan pihaknya dengan alasan masih akan memantau perkembangan situasi sampai Juni mendatang.

“Kami masih memantau hingga Juni nanti karena stok DOC diperkirakan akan banyak dan harga normal,” tuturnya.

Pemerintah pusat sendiri menganjurkan harga daging ayam Rp35.000/kg.

Melonjak nya harga daging ayam di Kota Cirebon turut dipengaruhi wabah Covid-19. Harga produk-produk peternakan pun turun akibat ketidakseimbangan biaya produksi dan harga jual.

Komentar

Berita Terkait