Heboh kapal karam di pantai cibangban sukabumi

Google Maps mencatat penampakan 'Shipwreck' di Pantai Sukabumi.

Warga Sukabumi pun antusias melihat benda mirip kapal tenggelam ke dasar laut dekat Pantai Cibangban di Desa Pasir Baru, Kecamatan Cisolok. Menurut sumber gambar, itu berasal dari aplikasi Google Maps.

Netizen lainnya bereaksi keras terhadap postingan seorang netizen bernama Akbar Alfiana N di salah satu grup media sosial Facebook. Namun, tidak ada satu pun komentar yang memberikan penjelasan untuk gambar tersebut.

Dengan membuka aplikasi Google Maps, Anda dapat memverifikasi keakuratan informasi. Kemudian, saat menggunakan tampilan peta dasar, ketikkan kata kunci 'Pantai Cibangban'. Gambar tersebut tidak terlihat. Namun, ketika pengaturan Google Maps diubah ke citra satelit, objek 'kapal karam' menjadi terlihat.

Di Google Maps, sebuah benda yang menyerupai bangkai kapal di Pantai Cibangban, Sukabumi.
Di Google Maps, sebuah benda yang menyerupai bangkai kapal di Pantai Cibangban, Sukabumi.

Saat diperbesar, gambarnya menyerupai kapal. Bayangannya jernih, seolah-olah benda itu mengambang di dasar laut. Citra satelit ini mencakup wilayah pesisir Cibangban, Karang Aji, dan Karang Hawu yang semuanya berada di Teluk Palabuhanratu Sukabumi.

Ujang SB, Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Sukabumi, mengaku kaget dengan citra satelit yang menangkap apa yang tampak seperti bangkai kapal.

“Bentuknya mirip bangkai kapal, tapi belum ada laporan baik kapal tenggelam di dasar laut maupun kapal baru berbentuk itu,” ujarnya.

Ujang menduga, berdasarkan kondisinya, kapalnya cukup besar. “Kondisinya cukup parah, kalau sudah lewat, nelayan akan memberi tahu kami. Namun belum ada,” kata Ujang.

Tags