oleh

Hidup Mengikuti Aturan Adat: Kearifan Lokal Suku Baduy

-Budaya-27 views

WARTA BANTEN – Mengikuti aturan adat, adalah jalan yang dipilih oleh para orang Baduy di Banten. Dari mereka, traveler bisa belajar banyak soal kearifan lokal.

Satu Minggu yang lalu, saya berkesempatan mengunjungi Desa Kanekes, Baduy, Lebak, Banten. Dari kediaman saya di Sajira tepat pukul 08.30 WIB, mobil yg saya bawa sendiri meluncur bersama tim Alingga Farm menuju perkampungan suku Baduy

Selepas kecamatan Sajira dan Muncang, jalanan mulai menyempit dan kondisi jalan yang meliuk-liuk. Aspal yang kurang begitu mulus serta kontur tanah pegunungan membuat kendaraan yang kami tumpangi harus berjalan pelan.

Hutan sekunder mengelilingi sisi kanan dan kiri jalan, sehingga membuat kami terhibur dengan pemandangan yang cantik eksotis. Akhirnya tibalah kami di Terminal Ciboleger yang merupakan titik temu menuju ke perkampungan suku Baduy. Patung selamat datang menyambut kami, tidak jauh ada tangga berundak yang harus kami lalui menuju keperkampungan Baduy luar. Kami disambut temen-temen dari Baduy Luar, rumah-rumah panggung sederhana berdinding anyaman bambu menyambut kami.

Komentar

Berita Terkait