oleh

Kemendes PDTT Umumkan BLT DD Mulai Disalurkan dan Diterima Warga Prasejahtera

WARTAKAMI – JAKARTA Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengumumkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) telah disalurkan dan diterima oleh warga prasejahtera terdampak Pandemi Covid-19.

Menurut Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendes PDTT Ivanovich Agusta bahwa setiap kepala keluarga akan mendapatkan dana sebesar Rp600.000,00 (Enam ratus ribu rupiah) per bulan yang dimulai pada bulan April dan dilanjutkan sampai bulan Juni 2020.

Penyaluran BLT Dana Desa dilaksanakan oleh kepala desa berdasarkan data yang sudah diverifikasi oleh jajaran pemerintah desa. Dalam proses penyalurannya dilakukan secara non tunai melalui bank untuk akuntabiitas, kecuali untuk daerah-daerah yang jauh dari akses perbankan.

Diketahui, sebanyak 259 keluarga prasejahtera di Desa Cangkuang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat mulai dilakukan penyaluran BLT dengan total Rp460.000.000,00 (Empat ratus enam puluh juta) yang bersumber dari Dana Desa di APBDes. Menurut Kepala Desa Cangkuang, Asep Nandang, dalam proses penyalurannya dilakukan dengan cara dari pintu ke pintu.

“Cara door to door merupakan salah satu cara menghindari kerumunan warga, hal itu guna mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Asep menerangkan, dalam penyaluran bantuan tunai tersebut, pihaknya sengaja agar didampingi Babinsa, Babinkamtibmas, dan perangkat desa.

Selain di Desa Cangkuang, beberapa desa lain juga sudah melakukan pencairan seperti di Kabupaten Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara sebanyak 33 keluarga prasejahtera, sementara di Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur, pencairan akan dilakukan hari ini (27/04/2020). Hal serupa akan dilakukan ke beberapa desa di DI Yogyakarta dan Provinsi Bangka Belitung.

Selanjutnya, sekitar 22 Miliar akan disalurkan bagi 12 juta keluarga prasejahtera terdampak Covid-19 yang belum menerima bantuan lain dari pemerintah. Sukandi

Komentar

Berita Terkait