Pembobolan ATM Senilai Rp 500 Juta Menggunakan Skaming Tools

Tiga pelaku yang ditangkap Subdit V Cyber ​​Criminal Reserse Polda Jatim itu bisa mengakses konten ATM senilai hingga Rp 500 juta dengan menggunakan alat skimming. Ketiga tersangka tersebut diidentifikasi sebagai R-Y (34) dari Malang, D-M (32) dari Malang, dan P-S (31) dari Bekasi, Jawa Barat.

Kasus ini dilaporkan Arief Setiyono pada 5 Maret 2020. Warga Surabaya ini awalnya merasa aneh saat ATM-nya yang biasa diblokir. Ia mendatangi mesin ATM bank BUMN di kawasan Sidoarjo untuk menarik uang guna mendaftar haji.

Pelaku pembobolan atm dan pencurian motor di bekuk polda jatim
Pelaku pembobolan atm dan pencurian motor di bekuk polda jatim

Korban kebingungan saat mendekati ATM untuk mengambil uang. Karena beberapa kali salah memasukkan pin ATM, akhirnya diblokir. Korban diarahkan oleh petugas keamanan bank untuk menghubungi call center agar ATM dibuka.

Setelah itu, korban melapor ke kantor bank utama Delta City. Korban disarankan untuk mendatangi kantor bank setempat untuk mengganti kartu ATM dengan kartu yang berisi chip. Namun, menyusul pencetakan buku rekening tersebut, terdapat 40 transaksi antara 05 Maret hingga 09 Maret 2020.

Kerugian diperkirakan mencapai 500 juta rupiah. Setelah itu korban melapor ke Polda, ”kata Kepala Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin (4/5/2020) di Polda Jatim. Hubungan Masyarakat.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh polisi, ternyata pelaku membobol ATM korban dan mencuri data elektronik melalui alat skimming. Menurut Kasubdit V Siber AKBP Catur Cahyono Wibowo, tersangka ditangkap di Malang dan Bekasi usai pemeriksaan.

“Pelaku secara teknis memasang alat skimming. Alhasil alatnya ada dua. Di ATM dipasang alat itu. Lalu, saat ada yang mendekati ATM untuk menarik uang, alat skimming itu menyalin kartu ATM,” jelasnya.

Catur menyatakan, tersangka memasang alat tersebut pada pukul 09.00. Setelah itu diambil pada malam hari atau dini hari.

Alat skimming dipasang di ATM yang sunyi atau kurang penjagaan, lanjut Catur. Tersangka mencetak kartu dengan data elektronik ATM korban dan melakukan penarikan uang setelah mendapatkan data elektronik ATM tersebut.

Tags