Kemensos akan mempercepat penyaluran bantuan sosial tunai atau BST

Kementerian Sosial (Kemensos) akan mempercepat penyaluran bantuan sosial berupa Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (NCFA) mulai tahun 2021. (BPNT). Bansos 2021 akan didistribusikan antara akhir April hingga awal Mei 2021, atau sebelum Lebaran 2021.

Hal ini sejalan dengan pernyataan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, saat virtual event yang diselenggarakan oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) pada 20 April 2021.

“Dari Kemensos sudah dibentuk koordinasi untuk memperlancar penyaluran bantuan [bansos] ini pada awal Mei, sehingga yang kurang mampu sudah bisa memanfaatkannya pada saat lebaran,” jelas Muhadjir Effendy.

Ia menambahkan bahkan pencairan program bansos 2021 akan digandakan untuk bulan Mei dan Juni 2021, dengan harapan masyarakat dapat memanfaatkannya untuk berbelanja menjelang lebaran sehingga meningkatkan daya beli dan konsumsi.

“Mei Juni akan didistribusikan sekaligus agar bisa digunakan untuk belanja lebaran,” jelas Muhadjir.

Hal senada diungkapkan Suahasil Nazara, Wakil Menteri Keuangan, dalam Konferensi Pers APBN KITA edisi April 2021. Dana dari desa PKH Bansos, BPNT, BST, dan BLT akan segera dicairkan agar masyarakat dapat memanfaatkannya sebelum Lebaran 2021.

Per 12 mei 114.000 kpm di subang akan terima blt kemensos data masih bergerak

“Selain itu, kami percepat penyaluran bansos ke PKH, BPNT, dan Dana Desa BLT. Kami minta segera dilaksanakan untuk bulan ini dan bulan berikutnya agar bisa segera diterima masyarakat. Penyaluran April dan awal Mei bisa dimaksimalkan, '' tandasnya.

Individu yang berhak menerima bantuan sosial dari Kementerian Sosial pada tahun 2021 dapat memeriksa kelayakannya menggunakan NIK dan data kependudukan di situs baru Kementerian Sosial, yaitu Cekbansos.kemensos.go.id. Situs web Kementerian Sosial sebelumnya, dtks.kemensos.go.id, telah berganti nama menjadi Cekbansos.kemensos.go.id.

Bagaimana Melakukan Pemeriksaan Bansos Kemensos 2021 BST PKH BPNT

Untuk menentukan apakah Anda penerima Bantuan Sosial 2021 atau tidak, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Menggunakan ponsel atau laptop, buka tautan Cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa / Kelurahan;
  3. Masukkan nama penerima seperti yang tertera di KTP;
  4. Masukkan kode empat huruf yang tercantum dalam kotak kode;
  5. Jika kode huruf tidak jelas, klik kotak kode untuk mendapatkan kode baru;
  6. Terakhir, klik tombol "Cari".

Sistem akan membandingkan nama KPM dan wilayah yang dimasukkan dengan nama yang ada di database DTKS Kementerian Sosial.