oleh

Perubahan Signifikan Ekonomi, Dispemdes Subang Sosialisasikan PMK No. 40 dan 35

Dispemdes Subang

WARTA SUBANG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispemdes) Subang menggelar sosialisasi PMK No. 40 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas PMK 205/PMK.07/2019 Tentang Pengelolaan Dana Desa dan PMK No. 35/PMK.07/2020 Tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2020 Dalam Rangka Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan/atau Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional.

Bertempat di Aula Kantor Dispemdes, Jln. Darmodihardjo No. 3 Sukamelang, Subang, Senin (04/05/20), sosialisasi dipimpin langsung oleh Kepala Dispemdes Kabupaten Subang Drs. H. Nana Mulyana, M.Si. Saat mengisi sosialisasi, Nana memaparkan PMK No. 40 dan PMK No. 35 Tahun 2020 yang membawa perubahan cukup signifikan terhadap Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

“Di Kabupaten Subang itu untuk perubahan pengurangan karena berkurangnya DAU (Dana Alokasi Umum.red) dan DBH (Dana Bagi Hasil.red) yang diterima oleh kabupaten,” ucapnya.

Maka konsekuensinya terjadi pengurangan ADD dan DD dari keseluruhan yang diterima oleh desa. “Alokasi Dana Desa itu berkurang sebesar 10,40% dari keseluruhan yang diterima, demikian pula dengan Dana Desa ada perubahan alokasi dasar yang diterima oleh desa rata-rata 11 juta kurang,” terangnya.

Bukan hanya di Kabupaten Subang, sambung Nana, hal perubahan signifikan ini pun juga berlaku secara nasional. Pasalnya, kondisi nasional juga sedang mengalami perubahan yang cukup signifikan, apalagi dengan pendapatan Negara yang berkurang karena Pandemi Covid-19 yang mengganggu terhadap sistem perekonomian nasional yang berimbas ke pemerintahan daerah.

Semoga Pandemi Covid-19 cepat berakhir dan dapat menjadi pembelajaran baik masyarakat secara umum dan Pemerintah untuk melakukan langkah-langkah antisipasi atas perubahan signifikan ekonomi. Untuk para petani, bisa kembali untuk menyimpan sebahagian hasil panen dan sebahagian lagi digunakan untuk menghadapi musim paceklik. Lantas, bagaimana dengan Pemerintah dan profesi lainnya? Nantikan ulasannya hanya di Warta Kami.

Liputan: Sukandi

 

Ikuti Kami…

Logo FB

Warta Kami

 

Baca Juga:

Tak Dapat Banprov, Bu Admi Minta Perhatian Pemdes Tanjungsari Timur

Agar Tepat Sasaran, Desa Pasirmuncang Lakukan Perubahan Penerima Banprov

Kadispemdes Subang Tegaskan BLT Sudah Dialokasikan Minggu Pertama Bulan Mei

Komentar

Berita Terkait