Sinergi TNI Polri Tingkatkan Kedisiplinan Anggota Linmas

Pada Selasa, 5 November 2021, Babinsa dan Bhabinkamtibmas berkolaborasi melakukan Pelatihan Peningkatan Disiplin bagi Anggota Linmas di Balai Desa Sungai Baru, Kecamatan Teluk Keramat, Kabupaten Sambas.

Hadir dalam acara tersebut Bapak H. Sudarto EP, S.Pd.SD, Desa Babinsa Sungai Baru Serda Rafly Aly, Desa Bhabinkamtibmas Sungai Baru Briptu Wiramas, Kepala Desa Sungai Baru. Sekitar sepuluh siswa Linmas berpartisipasi dalam operasi tersebut.

Bapak H. Sudarto EP, S.Pd.SD selaku Kepala Desa berharap melalui latihan seperti ini dapat terjalin silaturahmi yang baik antara aparat daerah dan warga desa Linmas, serta pengenalan desa Linmas ‘. sejarah awal, peran, dan fungsi.

Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan, Babinsa Sungai Baru Serda Rafly Aly berpesan kepada anggota Linmas beserta keluarganya untuk selalu memakai masker saat keluar rumah dan menjaga jarak (Jarak Fisik) serta tetap produktif dalam melakukan kegiatan ditengah pandemi Covid-19. dengan panduan dari Health Protocol (Adaptation to New Habits).

Babinsa juga mengatakan bahwa dalam menjalankan tugas pengamanan di lapangan harus diutamakan bersikap hormat dan manusiawi dalam berperilaku jika ada orang yang mencurigakan. “Peserta Linmas juga harus belajar berbaris dan belajar aturan berbaris,” kata Rafly.

Menurut Danramil 1208-07 / Sekura, selain mendampingi kelompok dampingan, Babinsa juga mengajari anggota Linmas untuk memberikan pembinaan kemampuan dan pembinaan fisik dan mental kepada anggota Linmas untuk mengasah kemampuannya.

“Pembinaan Linmas merupakan salah satu operasi Pertumbuhan Perlawanan Daerah (Binwanwil), dimana Babinsa bertugas membentuk aliansi dengan perwakilan Linmas untuk mengawal semua perkembangan di wilayah binaan,” jelas Danramil.

Anggota Linmas akan mampu membina hubungan kerja yang harmonis dengan bimbingan Babinsa, meskipun materi yang diberikan berupa gerakan ketangkasan fisik seperti Peraturan Garis Garis (PBB).

“Kami menyelenggarakan pelatihan ini untuk mendidik dan melatih kedisiplinan anggota Linmas karena mereka adalah mitra Babinsa, dengan harapan kedepannya akan tergabung dalam kerja kelompok,” pungkas Danramil.

Tags