Wajah Korea Dalam Produk Indonesia, Kim Seon-ho duta promosi

Konsumen Indonesia dari berbagai produk budaya pop Korea Selatan merupakan pasar yang potensial. Berbagai brand berkolaborasi dengan selebritas papan atas Negeri Ginseng untuk mempromosikan produk mereka. Fans membeli produk ini secara sukarela agar merasa lebih terhubung dengan idola mereka.

  • Sejumlah selebriti Korea Selatan telah bekerja sama untuk mempromosikan produk Indonesia.
  • Fans artis Negeri Ginseng itu juga senang bisa menjadi pembeli pertama.
  • Selain membeli produk, mereka mencari merchandise dari idola mereka.
Kim Seon-ho dalam film Start-Up
Kim Seon-ho dalam film Start-Up

Kesuksesan serial Start-Up Korea Selatan di platform hiburan Netflix juga mendongkrak popularitas aktor Kim Seon di berbagai belahan dunia. Meskipun Seon-ho bukan karakter utama dalam drama percintaan, penampilannya memikat penonton dan membuatnya mendapatkan banyak penghargaan.

Kim Seon-ho, yang memerankan Han Ji-pyeong dalam serial tersebut, telah mendapatkan banyak penggemar baru di Indonesia. Meskipun angka pastinya tidak tersedia, popularitasnya telah mendorong sejumlah perusahaan Indonesia untuk mempekerjakannya untuk mempromosikan produk mereka.

Misalnya, pada awal tahun 2021, PT Ajaib Sekuritas mengumumkan kemitraan dengan Seon-ho sebagai brand ambassador mereka. Anderson Sumarli, co-founder dan CEO Ajaib Group, dalam keterangan persnya menyatakan Kim Seon-ho dipilih karena karakter Han Ji pyeong di Start-Up dinilai mampu menginspirasi generasi milenial di Indonesia untuk mulai berinvestasi.

Han Ji-pyeong digambarkan dalam drama sebagai seorang pemuda yang sukses meskipun berasal dari panti asuhan. Kesuksesannya diraih dengan bekerja dengan tekun dan mulai berinvestasi saat masih duduk di bangku sekolah. "Han Ji-character pyeong's mencontohkan bagaimana kesuksesan dan kemandirian finansial dapat dicapai di usia muda melalui investasi," jelas Anderson.

Pada bulan Mei, merek perawatan kulit lokal Everwhite menunjuk Kim Seon-ho sebagai duta mereknya. Ini menandai kolaborasi pertama Everwhite dengan aktor Korea Selatan. Selain sebagai brand ambassador, Kim Seon-ho akan mendidik konsumen tentang penggunaan produk perawatan kulit yang tepat.

Jessica Lin, salah satu pendiri Everwhite, menjelaskan bahwa dia memilih peran Han Ji-pyeong karena pesona dan kisah sukses dan inspirasinya. “Sebagai mentor perawatan kulit, Kim Seon-ho dan Everwhite ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya perawatan kulit dan pemilihan produk untuk menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan kepercayaan diri,” kata Jessica dalam siaran pers awal Mei lalu.

Chi, dari Palembang, menerima kartu foto yang menampilkan aktor Korea Selatan Kim Seon-ho dari produk kecantikan Everwhite.
Chi, dari Palembang, menerima kartu foto yang menampilkan aktor Korea Selatan Kim Seon-ho dari produk kecantikan Everwhite.

Kolaborasi antara The Miracle of Sekuritas dan Everwhite dan Kim Seon-ho menambah daftar selebriti Negeri Ginseng yang akan mempromosikan produk dan merek Indonesia. Sebelum ini, aktor Lee Min-ho membintangi iklan 2016 untuk produk minuman instan Luwak White Koffie. Neo Coffee, merek minuman instan lainnya, berkolaborasi dengan penyanyi Lucas WayV dari boy band NCT-U untuk membintangi iklan tersebut.

Produsen makanan dalam negeri juga telah dipengaruhi oleh gelombang produk budaya pop Korea Selatan baru-baru ini untuk menciptakan varian yang terinspirasi dari Korea. Wings Food, anak perusahaan dari produsen mie instan Mie Sedaap, telah memperkenalkan Korean Spicy Chicken dan Korean Spicy Soup. Wings Food bermitra dengan Choi Si-won atau Siwon, anggota boy band Super Junior, untuk mempromosikan produk tersebut.

Di tahun 2020, brand minuman Nu Green Tea juga akan berkolaborasi dalam promosi dengan boy band asal Korea Selatan NCT 127. Nu Green Tea mengemas produk minuman teh dengan botol NCT 127 edisi terbatas sebagai barang koleksi untuk NCTzen—sebutan penggemar NCT 127.

Ketika platform online trading Tokopedia bermitra dengan boyband BTS sebagai brand ambassador dan bintang iklan, kolaborasi antara perusahaan Indonesia dan selebriti Korea Selatan sangat fenomenal. Anggota BTS juga hadir di sejumlah acara yang diselenggarakan Tokopedia Juli lalu, termasuk program Waktu Belanja Indonesia.

Pemanfaatan selebriti Korea Selatan untuk mempromosikan berbagai produk lokal jelas ditujukan untuk meningkatkan penjualan produk, mengingat sifat setia dan fanatik para penggemar idola K-Pop dan K-Drama. Untuk menarik minat para penggemar ini, merek-merek ini sering menyertakan bonus dalam bentuk kartu foto yang menampilkan sang bintang.

Aisyah Putri, salah satu penggemar boyband NCT-U asal Jakarta, turut merestui peluncuran produk Neo Coffee yang menampilkan Lucas WayV dalam iklannya. Wanita berusia 26 tahun itu mendirikan jasa antar (jastip) untuk para penggemar NCT-U yang tinggal di luar Jawa. "Karena produk saat itu tidak merata. Banyak yang mau, jadi saya serahkan," kata Aisyah sebelumnya kepada Tempo.

Para penggemar grup ini memang sangat tertarik untuk menjadi pembeli pertama produk tersebut. Selain itu, kartu foto bonus yang menampilkan Lucas V disertakan dalam kemasan produk. Hal ini mendorong penggemar untuk membayar mahal untuk menjadi pemilik pertama. Aisyah juga menyempatkan diri untuk menjual kopi instan kemasan dengan harga naik tiga kali lipat. "Ada juga penggemar NCT-U Korea Selatan yang memesan." Dia bisa membuka baju seperti itu karena keterlibatannya di forum online dan grup penggemar K-Pop.

Memiliki barang-barang yang berhubungan dengan idola atau suvenir yang menampilkan idola adalah faktor lain yang berkontribusi pada kegembiraan fangirling atau menyukai selebriti di dunia hiburan. Namun, penggemar aktor dan aktris atau penyanyi Korea Selatan sering kecewa dengan tingginya harga merchandise atau memorabilia untuk idola mereka." Jadi, ketika sebuah produk dibuat dengan berkolaborasi dengan idola K-Pop atau K-Drama, kami sangat senang. “Chi adalah seorang ibu rumah tangga berusia 33 tahun dari Palembang.

Chi adalah penggemar Kim Seon-ho. Chi membeli paket produk perawatan kulit Everwhite yang termasuk kartu foto bonus yang menampilkan aktor langsung dari toko online. Menurut postingan Instagram di akun Everwhite Kamis lalu, produk perawatan kulit yang diluncurkan satu bulan lalu itu kini telah terjual lebih dari 3.000 paket.

“Untuk penyanyi, boyband, dan girl group, kita bisa membeli merchandise karena melimpah. Namun, jika menyangkut aktor atau aktris, jarang ada merchandise resmi." Kehadiran produk bonus, seperti kartu foto, memenuhi keinginan Chi untuk memiliki benda-benda yang terkait dengan idolanya.

Chi, dari Palembang, menerima kartu foto yang menampilkan aktor Korea Selatan Kim Seon-ho dari produk kecantikan Everwhite.
Chi, dari Palembang, menerima kartu foto yang menampilkan aktor Korea Selatan Kim Seon-ho dari produk kecantikan Everwhite.

Kartu foto Chi yang menampilkan Kim Seon-ho, yang diperolehnya melalui produk Everwhite, kini terpasang di bawah cangkang ponselnya. Ia juga menyimpan banyak foto sang aktor di layar ponselnya. Cara lain bagi Chi untuk "mendekatkan diri" dengan sang idola adalah dengan membeli pakaian yang dikenakan oleh sang aktor. "Saya memiliki parfum Kenzo yang ditampilkan dalam iklan yang dibintangi Kim Seon-ho, atau saya membeli pakaian yang sama dengan yang dikenakan Kim Seon-ho selama pemotretan majalah."

Chi juga menjadi penggemar sejumlah grup musik K-Pop di usia dua puluhan, salah satunya Big Bang. "Dulu aku menghabiskan banyak uang untuk merchandise Big Bang, seperti lightstick konser dan poster." Setelah menikah, Chi lebih memilih untuk membeli produk yang berhubungan dengan K-Pop atau K-Drama yang ia gunakan sehari-hari. "Itulah sebabnya saya membeli produk perawatan kulit Everwhite. Selain foto Kim Seon-ho, saya sangat tertarik untuk mencoba produk tersebut."

Membeli produk yang dipromosikan oleh sang idola adalah cara bagi Chi untuk menunjukkan penghargaan dan dukungan mereka. "Secara tidak langsung, penggemar menunjukkan bahwa mendukung idola adalah pilihan yang tepat. Jika produknya bagus, merek mungkin akan mengontrak idola kita lagi." Selain itu, terkadang penggemar lain berinisiatif membuat cinderamata yang terkait dengan sang idola. “Aku punya botol air yang berisi Kim Seon-ho. Meski bukan merchandise resmi, yang penting saya punya fotonya.” *